Sab. Okt 24th, 2020

7 Manfaat Berbuka Puasa Dengan Kurma


Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/jetzetli/public_html/wp-content/themes/newsphere/inc/hooks/hook-single-header.php on line 67

JARRAKSEHAT.COM — Kurma adalah buah yang banyak tumbuh di daerah padang pasir, seperti negara-negara di Timur Tengah. Buah ini juga sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat buka puasa pada bulan Ramadhan.

Konsumsi Kurma pada bulan Ramadhan, seperti sunah Nabi Muhammad SAW, ternyata juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa manfaat kurma untuk kesehatan tidak hanya untuk mereka yang berpuasa, tetapi juga bagi yang sedang diet.

Berikut manfaat kurma untuk buka puasa :

1. Mengontrol Gula Darah

Menahan lapar lebih dari 12 jam saat berpuasa membuat perut kosong. Saat berbuka dianjurkan untuk mengisi perut dengan makanan yang manis terlebih dahulu untuk meningkatkan energi dan gula darah. Di sisi lain mengonsumsi gula juga harus berhati-hati agar tidak melonjak secara signifikan.

Kurma merupakan makanan manis dengan sumber gula alami yang dapat menjaga gula darah tetap stabil. Kandungan gula ditambah dengan serat yang tinggi di dalam kurma bermanfaat untuk mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

Kurma juga termasuk dalam makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dan direkomendasikan untuk mencegah diabetes.

2. Menyiapkan Perut

Kurma mengandung senyawa yang dapat mengaktifkan organ pencernaan. Mengonsumsi kurma saat buka puasa menyiapkan perut untuk dapat mencerna lebih banyak makanan lagi setelah seharian menahan lapar.

3. Melancarkan Pencernaan

Pola makan yang berubah saat berpuasa ditambah dengan makanan yang beragam berisiko meningkatkan konstipasi. Serat yang terkandung dalam kurma dapat mencegah masalah pencernaan ketika berpuasa, terutama sembelit.

Dikutip dari Healthline studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi tujuh kurma setiap hari, buang air besar secara teratur dibandingkan sebelum makan kurma.

4. Menyesuaikan Keasaman Darah

Selain mengontrol gula darah, kurma juga menjaga keasaman di dalam darah. Kurma mengandung garam alkali yang dapat menyeimbangkan atau menyesuaikan keasaman darah yang dihasilkan dari asupan daging dan karbohidrat yang berlebihan saat berbuka puasa.

Kadar asam yang tinggi di dalam darah berisiko meningkatkan penyakit asam urat, batu ginjal, dan tekanan darah tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang selama berpuasa juga bisa dilakukan dengan konsumsi kurma secara rutin.

Menurut penelitian yang dilakukan Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D dari North Dakota State University menjelaskan bahwa kurma memiliki kandungan boron, yaitu nutrisi yang menunjang kesehatan tulang.

Penelitian lain yang dipublikasikan oleh Journal of Critical Reviews in Food Science and Nutrition juga menemukan kandungan mineral seperti fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium yang penting buat menjaga ketahanan tulang.

6. Kandungan Zat Besi Tinggi

Kekurangan zat besi selama menjalani puasa bisa menimbulkan risiko masalah kesehatan. Beberapa gejala seperti lemah, lesu, pusing, dan napas pendek bisa terjadi selama puasa, yang pastinya bisa mengganggu aktivitas harianmu.

Jadi, penting memilih makanan berbuka puasa yang punya kandungan zat besi untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Kabar baiknya, kurma ternyata menjadi salah satu sumber zat besi yang baik buat meminimalisir gejala anemia.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma ternyata juga memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan riset yang dilakukan Journal of Agricultural and Food Chemistry menyimpulkan jika konsumsi kurma secara rutin dapat menurunkan level triglyceride dan oxidative stress yang menjadi faktor utama penyakit jantung dan munculnya plak di pembuluh arteri.

Hal ini didukung oleh kandungan antioksidan yang ada dalam kurma yang dapat menjaga kesehatan dari risiko penyakit jantung.

Kurma juga kaya kalium yang penting buat menurunkan tekanan darah dan meminimalisir risiko stroke. 

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JARRAKSEHAT.COM. Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh...

Pilek merupakan salah satu penyakit yang cukup umum terjadi di tengah masyarakat. Tidak ada “cara cepat” untuk menyembuhkan pilek. Akan tetapi, ada beberapa hal yang...

Tanaman brotowali adalah tanaman perdu yang sering kita jumpai di sekitar kita. Fungsi tanaman brotowali bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias. Jenis tanaman brotowali...

Jarrakselebritis.com --Lyodra Margaretha Ginting (lahir di Medan, 21 Juni 2003; umur 17 tahun), adalah seorang penyanyi asal Medan, Sumatra Utara, Indonesia. Namanya mulai banyak dikenal...

Jarrakselebritis.com - Baru-baru ini, sebuah film pendek berjudul 'Tilik' viral di media sosial. Bukan tanpa alasan, hal itu karena film tersebut dianggap mampu merepresentasikan kehidupan...