Jum. Okt 23rd, 2020

Beberapa Cara Efektif Untuk Mendapatkan Vitamin D

Ilustrasi Vitamin D (Doc. Net)

JARRAKSEHAT.COM — Asupan vitamin D yang rendah jadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Dapatkan vitamin D dengan cara-cara yang efektif seperti berikut.

Vitamin D berfungsi menjaga tulang etap sehat. Vitamin D juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf.

Meski tak ada pedoman yang ditetapkan, namun Anda direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin D sebanyak 600-2.000 IU per hari.

Berikut cara-cara efektif untuk mendapatkan vitamin D :

1. Berjemur di bawah sinar matahari
Matahari merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik. Paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berjemur. Orang berkulit gelap disebut memerlukan waktu lebih lama untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D daripada mereka yang berkulit terang.

Hingga saat ini, tak ada rekomendasi resmi mengenai lama waktu berjemur. Namun, para ahli sepakat, berjemur di bawah sinar matahari selama 8-15 menit disebut cukup untuk mendapatkan vitamin D bagi mereka yang berkulit terang.

Selain itu, semakin dekat tempat tinggal Anda dengan garis khatulistiwa, semakin banyak vitamin D yang bisa didapat sepanjang tahun.

2. Konsumsi ikan berlemak dan makanan laut
Ikan berlemak dan makanan laut adalah salah satu sumber alami vitamin D terbaik.

Beberapa jenis ikan dan makanan laut yang kaya akan vitamin D di antaranya:
– salmon
– tuna
– ikan kembung
– tiram
– udang
– ikan sarden
– teri

Banyak dari makanan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Konsumsi jamur
Jamur menjadi satu-satunya sumber nabati vitamin D. Seperti manusia, jamur dapat memproduksi vitamin D setelah terpapar sinar matahari.

Jamur liar umumnya mengandung lebih banyak vitamin D dibandingkan jenis jamur yang ditanam secara komersial. Namun, Anda juga bisa membeli jamur yang dirawat dengan sinar UV.

4. Kuning telur
Kuning telur menjadi salah satu sumber vitamin D. Seperti banyak sumber makanan lainnya, kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang bervariasi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur dari ayam kampung bisa memberikan 20 persen kebutuhan vitamin D harian.

5. Konsumsi makanan yang diperkaya vitamin D
Vitamin D kerap ditambahkan ke sejumlah makanan pokok seperti susu untuk meningkatkan asupan nutrisi.

Beberapa makanan yang umumnya diperkaya vitamin D meliputi:
– susu sapi
– susu kedelai dan almond
– sereal
– yogurt
– tahu.

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JARRAKSEHAT.COM. Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh...

Pilek merupakan salah satu penyakit yang cukup umum terjadi di tengah masyarakat. Tidak ada “cara cepat” untuk menyembuhkan pilek. Akan tetapi, ada beberapa hal yang...

Tanaman brotowali adalah tanaman perdu yang sering kita jumpai di sekitar kita. Fungsi tanaman brotowali bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias. Jenis tanaman brotowali...

Jarrakselebritis.com --Lyodra Margaretha Ginting (lahir di Medan, 21 Juni 2003; umur 17 tahun), adalah seorang penyanyi asal Medan, Sumatra Utara, Indonesia. Namanya mulai banyak dikenal...

Jarrakselebritis.com - Baru-baru ini, sebuah film pendek berjudul 'Tilik' viral di media sosial. Bukan tanpa alasan, hal itu karena film tersebut dianggap mampu merepresentasikan kehidupan...