Sab. Jan 16th, 2021

5 Langkah Cegah Virus Corona untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi (Doc. Net)

JARRAKSEHAT.COM — Penderita Diabetes wajib mengikuti 5 langkah cegah Covid-19 ini, mengingat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa manula, perempuan hamil, dan penderita penyakit kronis adalah orang yang rentan terinfeksi virus Corona.

Karena itu, ahli kesehatan menyarankan semua orang untuk tetap berada di dalam rumah, terutama kelompok orang yang paling rentan terinfeksi.

Tetapi dilansir oleh egyptindependent.com, ada hal yang perlu diketahui bagi penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 dalam upaya melindungi dirinya dari virus corona Covid-19.

  • Koordinasi dengan dokter atau pusat medis mengenai pengawasan dan perawatan pasien diabetes.
  • Carilah informasi tentang cara mengontrol kadar gula darah selama masa isolasi diri di rumah.
  • Pantau kadar gula darah di rumah secara teratur.
  • Pastikan obat-obatan yang dibutuhkan sudah tersedia di rumah untuk jangka waktu lama, meskipun apotek masih buka hingga malam.
  • Ikuti diet sehat dan tetap olahraga ringan di dalam rumah.

Penderita diabetes juga harus memerhatikan kualitas tidur dan aktivitas fisiknya. Karena, kedua hal itu sangat ampuh melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Sebenarnya dilansir oleh  diabetes.org, belum ada data yang cukup untuk menunjukkan orang dengan diabetes lebih mungkin terinfeksi virus corona Covid-19.

Tetapi, orang dengan diabetes lebih mungkin mengalami komplikasi serius akibat virus corona Covid-19. Secara umum, penderita diabetes cenderung mengalami gejala dan komplikasi yang parah ketika terinfeksi virus.

Risiko penderita mengalami kesakitan akibat corona Covid-19 lebih rendah, jika bisa mengelola kadar gula darah dengan baik. Saat penderita tidak mengelola diabetes dengan baik dan gula darah meningkat, maka mereka berisiko mengalami komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

Bahkan penyakit lain di luar diabetes juga bisa memperburuk tingkat keparahan Anda ketika terinfeksi virus corona Covid-19, seperti kemampuan tubuh melawan infeksi akan terganggu.

Infeksi virus juga bisa meningkatkan peradangan atau pembengkakan internal pada penderita diabetes. Kondisi ini disebabkan oleh gula darah yang meningkat dan keduanya berkontribusi pada komplikasi parah.

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jarraksehat.com. Di tengah-tengah penyebaran coronavirus disease (Covid-19) atau virus korona baru di puluhan negara, termasuk Indonesia. Hal itu menyebabkan kepanikan bagi sebagian masyarakat, danl yang...

Jarraksehat.com. Mantan menteri kehakiman Prof Muladi dikabarkan meninggal dunia pada Kamis pagi, 31 Desember 2020, setelah berjuang melawan COVID-19 yang dia derita. Kabar duka menteri...

JAKARTA.Jarraksehat.com - Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej menilai pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana ( RKUHP) merupakan pintu untuk membenahi permasalahan...

Jarraksehat.com. Mentimun memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Namun, sebelum mengonsumsinya secara rutin, ada baiknya konsultasikan hal ini pada sang ahli. Mentimun sudah biasa disajikan...

Jarraksehat.com.Penyakit serangan jantung dulunya memang jadi momok menakutkan bagi orang dengan usia lanjut.Namun makin kesini, penyakit mematikan ini bisa menyerang siapa saja. Simak saja buktinya...