Sab. Jan 16th, 2021

7 Rempah Bermanfaat Untuk Mencegah Virus Corona

Ilustrasi (Doc. Net)

JARRAKSEHAT.COM — Memiliki daya tahan tubuh yang baik sangat dianjurkan untuk memerangi virus Corona. Seseorang secara alami bisa kebal terhadap suatu penyakit jika di dalam tubuhnya terdapat daya tahan tubuh yang baik.

Dilansir dari  Boldsky.com cara terbaik untuk meningkatakan kekebalan tubuh adalah melalui cara alami. Salah satunya dengan memanfaatkan beberapa rempah atau jamu. Di antara bumbu dapur ternyata efektif dalam membantu menjaga daya tahan tubuh.

Berikut daftar rempah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh :

1. Bawang Putih

Bawang putih sangat penting untuk menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh. Bawang putih bisa menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh karena keberadaan senyawa imunoregulatif. Anda bisa mengambil 1 sampai 2 siung bawang putih, masukkan ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari dalam keadaan perut kosong.

2. Kunyit

Kunyit termasuk ke dalam makanan sehari – hari yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan imunomodulator, yang membantu melawan flu dan memperbaiki gejala pilek dan batuk. Selain itu, kunyit juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan paru. Anda bisa mencampurkan kunyit, jahe, dan lemon kedalam teh, dan diminum sebanyak dua kali sehari.

3. Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, melawan peradangan paru, membantu melawan batuk dan meningkatkan produksi sel-T. Anda bisa menambahkan irisan jahe, dan madu ke dalam segelas teh hangat dan diminum dua kali sehari.

4. Kayu manis

Rempah beraroma ini merupakan sumber senyawa antioksidan yang bagus. Kayu manis bisa menangkal oenyakit pilek, batuk, radang, sekaligus sebagai stimulator kekebalan tubuh. Anda bisa mencampurkan madu dan bubuk kayu manis dalam segelas air hangat dan dikonsumsi pada pagi hari.

5. Cengkeh

Cengkeh telah lama dipakai dalam pengobatan tradisonal untuk mengobati beberapa penyakit. Cengkeh bisa meningkatkan respons imin dan membantu menetralkan virus dan bakteri. Selain itu cengkeh bisa mengurangi peradangan paru dan mengeluarkan lendir. Anda bisa merebus 4 sampai 5 siung cengkeh dan diminum setiap hari.

6. Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga mengandung banyak senyawa bermanfaat yang bisa menambah kekebalan tubuh seperti vitamin C. Anda bisa merebus beberapa irisan bawang selama 7 sampai 8 jam, lalu ambil 3 sampai 4 sdm air, dan minum 3 kali sehari.

7. Saffron

Senyawa bioaktif dalam saffron mampu meningkatkan imunitas, serta membantu menangkal patogen. Selain itu, saffron juga dapat meningkatkan sel darah putih, trombosit darah dan limfosit. Anda bisa mencampurkan sejumput saffron ke dalam air, dan minumlah setiap hari.

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jarraksehat.com. Di tengah-tengah penyebaran coronavirus disease (Covid-19) atau virus korona baru di puluhan negara, termasuk Indonesia. Hal itu menyebabkan kepanikan bagi sebagian masyarakat, danl yang...

Jarraksehat.com. Mantan menteri kehakiman Prof Muladi dikabarkan meninggal dunia pada Kamis pagi, 31 Desember 2020, setelah berjuang melawan COVID-19 yang dia derita. Kabar duka menteri...

JAKARTA.Jarraksehat.com - Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej menilai pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana ( RKUHP) merupakan pintu untuk membenahi permasalahan...

Jarraksehat.com. Mentimun memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Namun, sebelum mengonsumsinya secara rutin, ada baiknya konsultasikan hal ini pada sang ahli. Mentimun sudah biasa disajikan...

Jarraksehat.com.Penyakit serangan jantung dulunya memang jadi momok menakutkan bagi orang dengan usia lanjut.Namun makin kesini, penyakit mematikan ini bisa menyerang siapa saja. Simak saja buktinya...